waktu adalah pedang

Pages

Monday 11 March 2013

HINDARILAH KEGELISAHAN DAN KEMARAHAN



                Ada yang berkata “saat aku berumur antara 20-30 tahun aku selalu mencari musuh, tidak puas dan merusak segala macam walaupun aku menikmatinya. Aku tidak menghiraukan kebahagiaanku dan aku tidak tahu bahwa aku bahagia. Sekarang ketika aku berumur 60 tahun, aku baru menyadari semua bahwa hari-hari itu adalah hari bahagaia untukku.
Namun, hal itu sudah terlambat. Ini hanya sebuah kenangan kerugian. Seandainya pada saat itu aku tahu, maka aku akan menjadi sangat bahagia dan tidak ada tempat kemarahan dalam masa mudaku. Aku tidak memetik bunga kebahagiaanku yang mekar dan aku tidak melihatnya kecuali sekarang, disaat aku sudah keriput dan bunga sudah layu. Aku katakan kepadamu wahai pembaca yang budiman “ nikmatilah kebahagiaanmu dalam hidup ini dengan semangat. Biarkan indra-indramu menikmati bunga-bunga yang mekar dihadapanmu. Engkau meraba bunga-bunga kebahagiaanmu dan kamu lihat disisi lain kekuranganmu. Engkau menjadi kuda yang melawan kegelisahan dan kemarahan, kemudian tunggu saatnya dimana yang sekarang menjadi masa lalu. Dia akan membuatmu menangis dan mengeluarkan air mata. Engkau akan melihat betapa bahagianya engkau pada saat itu engkau tidak mengetahuinya dan tidak ada yang tersisa kecuali kesedihan yang sisanya telah layu.

0 comments:

Post a Comment